terbaru

Mengapa burung ombyokan memiliki harga yang sangat murah ?

        hallo kicaumania, kali ini mimin akan menuliskan tentang mengapa si lovebird ombyokan harganya jauh lebih murah dibandingan lovebird ternakan di rumah ? nah padahal cukup aneh bukan biasanya peternak bakal kasih harga jauh lebih murah ketimbang penjual ya, namun ternyata yang ini sebaliknya kawan - kawan.  dalam hasil interview mimin kepada beberapa pedagang ombyokan mereka mengatakan bahwa lovebird mereka berasal dari wilayah madura maupun wilayah di bagian jawa tengah dan timur. 



diwilayah tersebut menurut sumber kami mengatakan banyak yang beternak lovebird partai besar mulai dari 20 pasang dan seterusnya dan seterusnya, dan saat musim panen tiba kebanyakn dari mereka overload kapasitas, karena jumlah yang sudah terlalu banyak dan bila di pendam akan jadi masalah maka lovebird itu pun langsung dibawah ke pengepul untuk selanjutnya dijual dan didistribusikan, disini pengepul berperan sebagai pembuat harga, karena lovebird terlalu banyak maka pengepul menurunkan harga belinya dan sebagai peternak mereka mungkin akan lebih baik menjual daripada memendam lovebirdnya, disitulah awal mula kenapa lovebird ombyokan murah.
untuk kita ketahui di disributornya saja lovebird bisa berharga 65- 100 ribu an terbayang bukan berapa harga dari pengepul pusatnya ? mungkin seharga burung nasi padang ?  masalahnya disini adalah lovebird itu bukan seperti makanan pokok  yang cepat habis dan dibutuhkan orang terus - menerus, ia hanya peliharaan yang membutuhkan kasih sayang dari kita namun mahal diobral layaknya barang,


baca juga : http://www.redaksikicau.com/2018/11/kenapa-di-gantangan-lovebird-lebih.html

lanjut ga ya ceritanya ? ok lanjut deh ya
permasalahan kembali datang, ternyata lovebird ombyokan memiliki masalah serius yaitu snot bagi yang belum tahu, cek link ini :

http://www.redaksikicau.com/2016/06/memahami-snot-dan-cara-mengatasi-snot.html

dan pada saat disana lovebird itu sehat - sehat saja namun ketika sampai kepada distributor lovebird mereka banyak yang snot, snot mudah menyebar kepada lovebird lain karena sifatnya adalah virus dapat menular melalui udara maupun sentuhan.

ini yang membuat nilai jual jadi lebih murah lagi karena distributor tidak mau pusing, mereka hanya akan bilang ini mudah diobati nanti juga sembuh ! ya memang betul tapi tidak semua lovebird, hanya 1 dari 100 kasus yang begitu, sisanya perlu perawatan intensif seperti menggunakan obat yang disarankan oleh redaksikicau.

kenapa si hal ini bisa terjadi ? snot terjadi karena kecerobohan penjual seharusnya penjual membuat kandang kotak khusus untuk packing lovebird namun sangat asal sekali yang ada.

perbandingan packing yang baik :

                                           Idealnya seperti ini. foto : omkicau.com

tapi kebanyakan begini :



Ok sekian dari redaksikicau.com semoga informasi ini bermanfaat ya.

No comments:

Post a Comment

seputar burung unik Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Powered by Blogger.