Friday, February 23, 2018

Ratusan Lovebird Impor Dimusnahkan Petugas Karantina ! Ternyata Ada Virus Ini

Lovebird adalah burung yang lucu dan memiliki berbagai jenis warnanya, di indonesia sendiri penggemarnya amat banyak. Namun siapa sangka dibalik keindahan warna dan suaranya lovebird - lovebird ini justru dimusnahkan secara masalah oleh Petugas Balai Karantina Bandara Sukarno- hatta.

Dilansir dari website berita POSKOTANEWS.COM Pemusnahan itu sendiri dilakukan petugas gabungan dari Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno Hatta, Sudin Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Timur, di sebuah kebon kosong milik warga di Jalan Batu Wadas RT 006/03, Batu Ampar, Kramatjati, Rabu (21/2). Burung yang berjumlah 320 ekor dan bernilai Rp344 juta itu langsung dibakar dan dikubur setelah sebelumnya di semprot CO2. 



Menurut Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno Hatta Karsad Keseluruh burung yang kami musnahkan itu karena semuanya terjangkit virus flu burung,” katanya, Rabu (21/2).

Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno Hatta Karsad menyebutkan keseluruh burung itu merupakan hasil impor dari Cyprus pada 20 Januari lalu. Sebelum dimusnahkan, pihaknya juga sudah melakukan cek kesehatan di laboratorium atas burung-burung yang ditaksir senilai Rp344 juta. “Makanya hari ini kita musnahkan seluruhnya sebelum burung-burung inj dijual ke pasaran,” kata Karsad.

Camat Kramatjati, Eka Darmawan menambahkan, pihaknya sangat bersyukur atas upaya Balai Besar Karantina Hewan dan Sudin KPKP Jakarta Timur yang telah bergerak cepat. Sehingga kasus flu burung seperri mewabah di tahun 2004 lalu dapat dicegah sedini mungkin. “Kalau nanti burung itu sampai ke masyarakat, bisa semakin bahaya,” katanya.

Untungnya pihak Bandara sigap dan cepat dalam melakukan observasi burung impor ini, bila tidak maka seluruh pecinta lovebird indonesia akan merasakan akibat yang fatal mulai dari seluruh lovebird nya mengalami kematian akibat virus flu burung dan juga menurunan omset.

maka dari itu dihimbau bagi masyarakat indonesia mari biasakan untuk memelihara lovebird lokal karena kita juga memiliki kwalitas yang tidak kalah hebat.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: