Monday, January 8, 2018

Manfaat Krokot Untuk Lovebird Anda, Yang Kondangan Wajib Tahu !

Seiring beratnya lomba burung karena lawan yang mulai menggila hebatnya di lapangan membuat banyak lovebird mania mulai mencari jamu lain untuk jagoannya agar menjadi hebat, tak jarang dari mereka menggunakan obat herbal dan kimia.



nah disini mimin mau bahas tentang tanaman krokot yang mulai sering digunakan oleh para sahabat kicau untuk jamu lovebirdnya yang katanya si berkhasiat untuk suara dan stamina. yuk kita bahas !

Krokot atau Portulaca adalah genus dari tanaman dari suku Portulacaceae. Daun-daun  krokot biasanya tumbuh disawah atau diladang yang mempunyai tanah yang subur, tumbuhan krokot ini tumbuh liar tanpa ditanam oleh para petani jadi biasanya kalau tanaman ini tumbuh disawah akan ikut dicabut oleh petani karena dianggap rumput liar.

Belakangan ini banyak yang menanyakan tentang ciri-ciri krokot karena banyak yang tidak tau bentuknya,  Ada banyak sekali postingan yang menanyakan apakah tanaman yang ditemukannya itu krokot atau bukan padahal kalau kita pernah melihat sekali saja entah itu dari gambar atau melihat langsung aslinya pasti tau mana tanaman krokot dan mana tumbuhan lain karena daun krokot itu bentuk dan warnanya sangat khas.

Ciri-ciri tanaman krokot dari daun, batang, bungan dan biji


DAUN

Ciri Daun krokot berwarna hijau dengan warna batang kemerahan, Warna permukaan atas daun hijau tua, permukaan bawahnya merah tua.
Daunnya tunggal, tebal berdaging, datar dan letaknya berhadapan atau tersebar.

BATANG

Ciri Batang krokot berbentuk bulat yang tumbuh tegak atau sebagian/seluruhnya terletak di atas tanah tanpa mengeluarkan akar. Batangnya berwana cokelat keunguan dengan panjang 10-50 cm, Batang lembut memiliki rasa sedikit asam, dan asin.
Tangkainya pendek berbentuk bulat telur sungsang, bagian ujungnya bulat melekuk ke dalam. Pangkal batangnya membaji dengan tepi rata, panjangnya 1-4 cm dan lebar 5-14 mm.

BUNGA

Ciri Bunganya berkelompok 2-6 buah yang keluar dari ujung percabangan. Mahkota daunnya berjumlah lima buah, berwarna kuning dan kecil-kecil.bunga ini akan mekar pada pagi hari antara pukul 8.00-11.00 siang dan layu menjelang sore.

BUAH dan BIJI

Buahnya berbentuk kotak, bijinya banyak dengan warna hitam cokelat mengkilap. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji.



Manfaat 

Daun krokot kaya akan Omega-3. Selain itu, dalam 100 gram daun krokot segar terkandung sedikitnya 225-300 mg asam linolenat. Secangkir daun krokot yang sudah direbus mengandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vitamin A, berbagai jenis asam amino yang baik untuk kesehatan, serta aneka jenis mineral.



Tanaman krokot memiliki kandungan kimia antara lain: KCI, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, I-noadrenalin, noradrenalin, dopamin, dan dopa. Krokot juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niacin, pydoxine, dan karotenoid.

Tak hanya itu, krokot juga mengandung mineral, di antaranya besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan. Selain itu, krokot mengandung dua jenis pigmen betalain alkaloid dan beta-xanthins. Kedua jenis pigmen ini ampuh untuk antioksidan dengan khasiat anti-mutagenik.

Beberapa manfaat tanaman krokot untuk burung lovebird


  • Mendongkrak power dan setamina 
  • Dipercaya mampu menambah suara lebih keras dan jernih
  • Menambah durasi kekekan tentunya dengan rawatan yang konsisten
  • Rajin ngekek dan ngedurrr Dapat di beri sebagai selingan EF atau minimal 3x

Cara Pemberian

memberikan daun krokot kepada burung dapat melalui beberapa cara. Antara lain dengan cara membersihkan daun dan batangnya, lantas menggantungnya pada sela-sela jeruji sangkar.


Ada juga yang mengolahnya terlebih dulu menjadi tepung krokot. Caranya, daun krokot dikeringkan di bawah terik matahari sampai benar-benar kering, kemudian menggilingnya dengan blender.


smoga informasi ini bermanfaat ya 
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: