Tuesday, October 3, 2017

Settingan Daun Sirih untuk Lovebird Lomba

       air rebusan daun sereh/serai  ternyata bermanfaat untuk lovebird lomba, ya daun sirih yang bahasa latinnya adalah Cymbopogon citratus dari sejak jaman nenek moyang kita sering digunakan sebagai obat untuk manusia diantaranya obat untuk pilek,panas dingin,sariawan, dan sebagai penyegar tubuh. nah berbeda lagi untuk burung lovebird apalagi yang setting sebagai burung lombaan.



cara ini adalah ilmu yang bagikan secara gratis dan bermanfaat oleh om Jabrik Kudus SF, ia menggunakan daun sirih untuk lovebird sebelum di gantang dan hasilnya terbukti baik dan ampuh.

lalu bagaimana tipsnya ?

Cara membuat minuman air serai

Satu batang serai digeprek terus masak dengan air 500 cc rebus hingga berwarna kuning terus dinginkan dan minumkan.

Manfaat sebenarnya dari daun sereh ini adalah untuk menghangatkan tubuh, mencegah flu, mencegah suara serak, meningkatkan nafsu makan burung sehingga burung menjadi lebih sehat dan gacor. Daun serai juga bermanfaat sebagai pelindung lovebird dari gigitan nyamuk.

Nah sekarang kita akan membuat ramuan daun serai untuk lovebird agar lebih rajin ngekek dan memiliki durasi ngekek yang panjang.

Bahan:
- 1 ruas daun sereh
- Air 1/2 liter

Cara membuat :
Rebus air 1/2 liter itu menggunakan api kecil, jika sudah mendidih, masukkan 1 ruas daun serai yang telah digeprek. Jika airnya berubah kemerahan dan berbau harum yang khas, rebusan telah boleh dimatikan apinya dan didinginkan.

Cara menggunakan :
- Seminggu cukup 3 kali saja
- Berikan setelah burung dijemur
- Berhentilah memberi jika burung itu sudah gacor

Hasil gambar untuk piala lovebird

Penggunaan sebelum lomba

Penyajiannya jika main hari sabtu sore jumat malam kasih aer sere 1 cepuk hingga sabtu pagi, sabtu pagi jam 10 jemur tanpa pakan dan minum hingga satu jam, setelah itu cukup kasih aer sere aja tanpa milet. Setelah itu angin2kan sebentar sambil kasih milet lalu full krodong, sampai lokasi buka krodong sebentar nunggu lobet kita bersuara lalu tutup krodong lagi saat naek gantangan baru buka krodong.

Manfaat aer serai menghangatkan tubuh lobet hingga lobet kita staminanya stabil saat tubuh hangat maka lobet kita jd rajin bersuara. Disarankan untuk usia 2,5 bln ke atas. Untuk lobet mabung ada baeknya jangan dikasih aer sere tapi biji haver. Itu tips pembuatan air serai dan penyajian, dari Jabrik Kudus SF

Ya, itulah yang ditulis Om Jabrik Kudus pada salah satu grup facebook yang membahas tentang cara perawatan dan settingan burung lovebird. Dengan mengetahui cara membuat sampai penggunaan minuman daun sereh tersebut diharapkan para pencinta lovebird bertambah pengetahuannya tentang cara perawatan lovebird sebelum lomba dan diharapkan burungnya dapat ngekek saat digantang.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: