Friday, August 18, 2017

Manfaat Tulang Sotong 1001 Macam Namun Sering Diabaikan

Tulang sotong, mungkin tidak sedikit yang tahu bagaimana rupa tulang sotong, jika sotong atau semirip cumi - cumi biasa dimakan manusia maka berbeda dengan tulangnya yang biasa dimakan oleh lovebird,kenari dan burung lainnya.

Tulang sotong banyak digunakan sebagai makanan pemenuh gizi pada burung peliharaaan. Burung peliharaan yang biasanya diberikan tulang sotong ini oleh para pecinta burung yaitu, burung perkutut, kenari, parkit, atau lovebird.

Pemberian tulang sotong ke burung yang sedang dirawat atau dikembangbiakan akan mampu memicu produktivitas serta kesehatan telur yang dihasilkan. Serta, kita dapat mencegah indukan burung memakan telur-telurnya sendiri karena kekurangan kalsium.

nah lalu sebenernya apa itu tulang sotong? Tulang sotong itu merupakan binatang yang hidupnya ada diperairan, biasanya di laut. Hewan ini banyak dijumpai hampir disemua perairan asin dari yang dekat dengan permukaan sampai dengan kedalaman hingga ribuan meter dibawah permukaan.

sumber yang dikutip dari agroburung.com sebetulnya Tulang sotong atau cuttle bone ini sebenarnya bukalah sebuah tulang melainkan cangkang internal dari sotong, hewan laut sejenis cumi-cumi kecil seperti Cephalopod. Tulang sotong ini biasanya banyak ditemukan dipinggir-pinggir pantai dimana hewan hewan tersebut terdampar akibat laut yang pasang dan tinggal cangkangnya saja yang tersisa.
Karena merupakan hewan laut, maka dalam tulang sotong tersebut banyak mengandung kalsium , mineral dan iodum yang sangat dibutuhkan oleh burung dan hewan peliharaan lainnya seperti reptil.

TULANG SOTONG

Sotong sering kali disalahtafsirkan sebagai cumi-cumi. Keduanya berbeda sebab sotong bertubuh pipih, pas cumi-cumi lebih berupa silinder. Selain itu, cangkang di dalam sotong tersusun dari kapur yang keras, tetapi terhadap cumi-cumi lunak.

Manfaat tulang sotong untuk burung lovebird dan kenari

Tulang sotong ini bisa dijadikan makanan untuk burung love bird dan burung kenari dan ini hanya bersifat makanan tambahan buka merupakan makanan utamanya, kalau makanan utamanya tetap biji-bijian. Tulang sotong atau asinan bisa memberikan gizi tambahan pada burung peliharaan kita. Dan pemberian Asian ini pada burung kita bisa memicu produktivitas serta kesehatan telur burung yang dihasilkan, serta yang paling utama agar burung tidak memakan telornya sendiri.

Tulang sotong ini juga banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan burung akan kalsium dan garam sebagaimana telah dilakukan oleh pemilik burung dari jenis perkutut, kenari ataupun burung paruh bengkok seperti parkit dan lovebirds. Bagi burung yang sedang dikembang biakan, pemberian tulang sotong ini bisa memicu produktivitas dan kesehatan dari telur yang dihasilkan serta bisa mencegah indukan yang sering memakan telur-telurnya sendiri karena kekurangan kalsium .


Tulang sotong ini merupakan makanan tambahan burung  dan didalam asinan ini terdapat kandungan seperti mineral, kalsium serta yodium. Dari kandungan tersebut maka akan memberikan manfaat pada burung peliharaan kita diantaranya adalah :




  • Tulang sotong bisa memperlancar pencernaan pada burung dewasa maupun anakan
  • Tulang sorting bisa membuat burung semaki rajin berbunya atau gacor
  • Tulang sotong atau asinan untuk memperkuat rahang dan juga bisa dijadikan untuk mengasah paruh
  • Bisa digunakan untuk mencegah bulu rontok
  • Sotong bisa memperkuat tulang pada burung dewasa serta pada anakan burung karena kaya akan kalsium
  • Sangat bagus untuk cangkang telor
  • Tulang sotong bisa dijadikan makanan tambahan gunan menjaga kesehatan burung.

Cara memberikan tulang sotong pada burung lovebird dan kenari



Untuk memberikan tulang sotong pada burung kenari maupun labet bisa diberikan dalam bentuk batangan saja. Dikasih lubang pada batang sotong kemudian dicantolkan atau bisa diikat pada sangkar.

Cara ke dua jikalau anda tidak dapat menggantung dapat terhitung dimasukan kedalam cepuk atau wadah makanan kenari caranya  menggerus/parut dapat gunakan sendok atau pisau dan kalau telah masukan kedalam cepuk yang tersedia dalam sangkar, penting jangan disatukan dalam satu cepuk bersama pakan lain pisahkan saja tulang sotong ini jangan dicampur bersama biji-bijian atau EF contohnya telur puyuh atau lainnya.


Tulang sotong sering dijadikan sebagai makanan tambahan untuk burung peliharaan karena mengandung kalsium yang bagus untuk pertumbuhan burung. Selain kalsium, tulang sotong juga mengandung zat lain seperti mineral dan iodium. Mineral dalam tulang sotong berupa sodium klorida, garam magnesium, kalsium karbonat, serta kalsium fosfat.

Tulang sotong sendiri sebenarnya bukan tulang melainkan cangkang internal dari sotong itu sendiri. Kita bisa menemukannya berserakan di pinggir-pinggir pantai dimana hewan tersebut biasanya terdampar akibat air laut yang pasang hingga tersisa hanya cangkangnya saja.

Penggunaan Tulang Sotong

Tulang sotong banyak digunakan sebagai makanan pemenuh gizi pada burung peliharaaan. Burung peliharaan yang biasanya diberikan tulang sotong ini oleh para pecinta burung yaitu, burung perkutut, kenari, parkit, atau lovebird.

Pemberian tulang sotong ke burung yang sedang dirawat atau dikembangbiakan akan mampu memicu produktivitas serta kesehatan telur yang dihasilkan. Serta, kita dapat mencegah indukan burung memakan telur-telurnya sendiri karena kekurangan kalsium.

selain itu juga  Tulang sotong yang telah dikonsumsi akan dilarutkan oleh asam lambung yang kemudian membawanya menuju saluran pencernaan. Kalsium serta garam magnesium akan diserap di organ ini oleh aliran darah dimana jika seekor burung betina sedang bertelur, zat-zat tersebut akan dibawa lagi ke saluran telur.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: