Wednesday, August 2, 2017

Cara Mengatasi Paruh Gajah Cepat Sebelum Terlambat !

[WWW.REDAKSIKICAU.COM] Mungkin dari sebagian kita sudah banyak tahu apa yang di maksud dengan istilah Paruh Gajah. Istilah Paruh Gajah yang dialami burung Love bird tentu bukan khasus baru yang dialami. jika tidak segela di obati maka paruh makin lama akan makin panjang
Paruh belalai Gajah pada lovebirds adalah memanjang nya paruh atas lovebirds sehingga terlihat seperti belalai gajah ( memanjang ). Kenapa ini bisa terjadi?. Itu karena tidak ada media yang bertekstur keras, seperti: batu, kulit kerang atau dahan yang sangat keras untuk menggosok-gosokan paruh nya.


 Paruh Gajah 

adalah perubahan bentuk paruh burung Love bird yang tumbuh dengan tidak Normal. Ciri ciri nya adalah bentuk paruh bagian atas cenderung lebih besar dan panjang hingga melewati batas paruh bagian bawah.



Banyak yang berpendapat bahwa kasus ini terjadi dikarenakan asupan Nutrisi terlalu tinggi hingga berpengaruh pada pertubuhan terlalu cepat. Dan biasanya Love bird yang mengalami hal ini adalah Love bird hasil Jujuhan sendiri bukan dari pemberian makan oleh induknya. Tentu saja jika sudah terjadi seperti ini akan mustahil untuk di hilangkan.

Kalau sudah terlanjur bertumbuh besar dan panjang, Banyak cara pintas  yang di lakukan seseorang untuk menghilangkan bentuk tersebut. Seperti dengan alat potong kuku kita bisa merapikan bentuk Paruh Gajah, Namun cara tersebut juga berdampak fatal jika kita mengetahui akibat dan sebabnya jika kita lakukan sembarangan.

Paruh burung juga memiliki urat urat yang kasat mata, Jika kita memotong tanpa hati hati paruh bisa berdarah.Kita bisa melakuan hal tersebut di siang hari dengan meneropong ke cahaya matahari, Maka akan terlihat urat urat di dalam paruh tersebut.


Namun kita akan bemberi Trik sederhana cara mengatasi Paruh Gajah :


Pertama sediakan Tangkringan yang terbuat dari Kasa kasar / kertas gosok. Dapat kita cari di toko burung terdekat. Hal ini bertujuan ketika burung mengasah paruh maka dengan sendirinya paruh tersebut sedikit demi sedikit ikut terbentuk rapi dengan sendirinya.
Sediakan balok kayu kecil, Yang bertujuan untuk asinan burung tersebut, Dan biasanya burung love bird sangat suka mengigit balok balok tersebut, Bisa jadi paruh yang sudah cukup tua akan melepas sendiri / patah dengan sendirinya.
Dampak dan kerugian dari masalah Paruh Gajah yang di alamai burung love bird tentu saja sangat berpengaruh dari segi keindahan maupun bunyi. Tentu saja Love bird kita tidak akan enjoy membawakan lagu kekean. Dan harga jual pun akan menurun karena masalah tersebut.

Pisau cukur mungkin menjadi pilihan favorit Anda, karena peranti ini mudah didapatkan, dan harganya relatif.terjangkau. Namun dibutuhkan konsentrasi tingkat tinggi, terutama jika baru pertama kali melakukan pekerjaan ini. Intinya, selalu fokus pada pisau dan burung, agar pisau tidak mencederai Anda maupun burung. Apalagi dalam paruh (juka kuku-kuku pada kaki burung) terdapat aliran darah.



Bagaimana solusi nya untuk menanggulangi paruh belalai gajah pada lovebirds?

 1.Memotong paruh (debeaking) dengan menggunakan dremel ( semacam kikir ) atau dengan menggunakan gunting kuku, metode ini lazim digunakan dalam pemeliharaan burung paruh bengkok (parrot) di luar negeri, mulai dari parkit, nuri, macaw, serindit, hingga lovebird. Sebab paruh burung memiliki beberapa kesamaan dengan kuku manusia, yaitu akan tumbuh terus menjadi panjang. Perbedaannya, laju perpanjangan paruh tak secepat kuku pada manusia. Jika terlalu panjang, burung paruh bengkok akan mengalami kesulitan saat makan dan minum. Hati-hati dalam memotong paruh lovebirds tersebut, dalam paruh terdapat aliran darah. Potonglah paruh luar nya saja yang terlihat sedah menua dan rapikan sesuai estetika nya.

2. Menyediakan kulit kerang, batu bata, atau tangkringan yang ada hampelas nya, bertujuan untuk menggosok-gosokan paruh lovebirds ke media tersebut. Sehingga secara otomatis paruh nya akan terkikir secara alamiah.
Di habitat aslinya, atau di alam bebas, semua jenis burung sering terlihat menggosokkan paruhnya ke benda-benda bertekstur keras seperti batu, kulit kerang, atau dahan pohon yang sangat keras. Burung secara naluriah tahu bahwa inilah cara untuk merawat paruhnya agar tidak terus tumbuh memanjang, yang akan menyulitkannya saat makan dan minum. Sedangkan dalam sangkar / kandang, burung jarang sekali mempunyai kesempatan untuk melakukan aktivitas. Tetapi sesekali ia melakukannya pada tenggeran. Kurangnya kesempatan untuk merapikan paruh membuat paruh burung bengkok makin panjang dari waktu ke waktu, dan membuat bentuknya makin tak proporsional. Karena itulah, diperlukan campur tangan pemilik dalam mengatasi masalah ini. Selama ini, penghobby Indonesia memang belum terbiasa melakukan pemotongan paruh. Padahal metode ini menjadi salah satu bagian integral dari perawatan burung paruh bengkok di mancanegara, khususnya di Eropa, Amerika, dan Australia. Jadi, persoalannya bukan karena kita tidak bisa, tetapi hanya karena belum terbiasa. Yang terpenting, Anda tahu bagaimana cara merapikan paruh secara aman dan tidak menyakiti burung. Jika masih ragu, Anda bisa minta bantuan teman yang sudah berpengalaman atau dokter hewan terdekat. Dokter hewan biasanya memiliki peralatan seperti dremel atau mesin pengasah / gurinda kecil, khusus untuk paruh.

Teknik merapikan paruh menggunakan dremel;


DREMEL UNTUK MENGASAH PARUH


Dremel merupakan alat yang berbentuk seperti mesin pengasah / gurinda kecil. Kalau Anda mau ke pet shop untuk membeli dremel, silakan cermati gambar di samping. Tentu di pasaran bentuk dan modelnya beragam. Pemilik toko pasti paham kalau Anda bilang mau beli dremel. Berikut ini panduan pemotongan paruh yang benar dengan menggunakan peralatan gurinda / dremel yang dibuat dalam bentuk gambar.
Related image

-sharing ini tidak bermaksud untuk menggurui dan jika ada yang ingin share pengalaman, dipersilahkan untuk menambahi nya-

SUMBER INI DIRANGKUM DARI : www.omkicau..com  , rongolawe.com  dan peternak MGS BIRDFARM
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: