Monday, July 10, 2017

atasi Burung cendet Miyik

Dalam sebuah grup Cendet Mania saya kerap mendengar keluhan para member juniornya yang mengalami galau karena burung gacoannya yaitu burung Cendet bertingkah manja, adapun rangkaian sifat manja burung cendet itu bermacam-macam, mulai merunduk, mbalon atau ngembangin bulu, paruh di cocolkan ke ornamen sangkar, turun ke dasar sangkar dan lain sebagainya.


Penyebab Burung Cendet bertingkah miyik atau manja ada dua, yaitu karena salah perawatan dan karena burung merasa kurang kenyang, kurang nutrisi atau kekurangan gizi. Bila dua kombinasi ini terjadi maka bukan tidak mungkin burung cendet akan miyik/manja dalam waktu yang lama, untuk itu anda harus segera merubah kebiasaan dan memberi makanan yang cukup baik nutrisinya.
Cara Merawat atau Solusi Burung Cendet Miyik (Manja)

Hasil gambar untuk pentet
  • Dikarantina, Jauhkan burung cendet dengan burung cendet lainnya, bila perlu diasingkan sendiri selama beberapa hari.
  • Kebiasaan menyuapi burung cendet juga harus dirubah, pemberian pakan EF seperti jangkrik harus terjadwal dan dilakukan dengan memasukkannya ke dalam wadah pakan.
  • Jangan pernah memberi jangkrik diluar jadwal pemberian pakan, meskipun anda menemukan jangkrik yang tercecer di tanah.
  • Bila dengan setelan yang sudah ada dan burung sudah diasingkan tetap miyik, maka coba tingkatkan EF jangkrik beberapa ekor, selain itu anda juga bisa memberikan kroto atau Uler Hongkong dalam jumlah tertentu (1 sendok perhari).
  • Anda juga dapat memberikan vitamin burung, agar cendet semakin sehat dalam makanan atau minumannya.
  • Setiap pagi burung dikeluarkan, kemudian dimandikan, diberi makan EF, sangkar dibersihkan kemudian di jemur di bawah terik matahari yang jauh dari aktivitas manusia, kemudian burung di teduhkan, Kemudian burung di mandikan dengan Air ES, setelah tampak kering di kerodong lagi.
  • Sore hari burung di beri EF dan dikerodong kembali.
  • Jangan pernah melawe-lawe atau melambai-lambaikan tangah menggoda burung cendet, karena burung akan semakin manja sebab merasa diajak bermain.
Sekian, semoga bermanfaat...
Previous Post
Next Post

post written by: