Friday, June 9, 2017

Tips Meninggalkan Burung Ketika Mudik

Banyak orang yang selalu mudik ketika lebaran, namun saat lebaran adalah saat yang memusingkan bagi para kicaumania dan juga para hewanmania yang memiliki binatang dan burung kesayangan yang sebenarnya sayang jika tinggal karena takut mati. sebagian orang khawatir burungnya akan sakit atau mati entah karena tikus atau pakan yang habis, apalagi jika keluarga ingin berlama- lama di kampung.

Ya, itu lah kebanyakan masalah yang menjadi PR bagi para kicau mania dan tentunya anda juga sedang berpikir bagaimana caranya meninggalkan burung supaya tetap hidup dan sehat selama anda berlebaran keluar kota.

Perlu diingat, burung adalah makhluk bernyawa, dan sangat berisiko mati jika kekurangan pakan dan air, atau air minumnya kotor sehingga meracuni burung jika terminum dan bisa mengakibatkan kematian burung tersebut, bahkan voer yang berjamur juga sangat berbahaya bagi kesehatan burung. Jadi, pada dasarnya burung tidak bisa ditinggal berlama-lama begitu saja karena banyak risikonya. Baik itu dalam urusan pakan, kebersihan kandang maupun kemungkinan lainnya seperti dirambah binatang pengganggu seperti tikus, kucing, cicak, tokek dan lain-lain.


TIPS RINGAN
saya sendiri selama bertahun - tahun sering menggunakan metode ini ketika mudik yang mungkin mudah untuk di coba.


1. siapkan kadang koloni atau kandang kotak besi untuk ternak lovebird, hal ini akan mampu membuat burung tetap sehat karena aktif terbang sana sini dan tersedia cukup ruangan untuk menaruh makan dan minumnnya.

2.siapkan wadah pakan yang mencukupi seperti dengan botol besar dibawah ini.




cara pembuatan cek di video ini , atau jika tidak mau ribet anda dapat menggunakan wadah pakan ayam yang biasa di jual di toko burung






3. pastikan sebelum pergi keluar kota burung anda harus kenyang minimal H-3 MUDIK, berika jangkrik dengan porsi 3x porsi biasa, atau untuk lovebird berikan 3x porsi sayuran untuk H-3, agar mereka dapat menyiapkan diri untuk kondisi kritis ketika ditinggal.


note : usahakan tutup atas wadah pakan agar feses/kotoran burung tidak mengenai pakan karena sangat berbahaya.

Smoga info ini sangat bermanfaat untuk anda, bila berguna share ke facebook kamu ya.






Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: