Monday, June 5, 2017

Cara ternak lovebird sukses dan cepat balik modal, ternak lovebird memang merupakan usaha yang cukup menjanjikan bila ditekuni dengan baik.harga jual lovebird yang relatif cepat dan berharga membuat peternak semakin menjamur bagai jamur tiram. namun bagi pemula yang ingin mencoba ternak anda harus bersiap - siap dengan resikonya dulu

Resiko berternak lovebird
resiko ternak lovebird tidak jauh dari kegagalan dan pahitnya ternak, tidak selamanya ternak itu manis hasilnya malah banyak pengalaman orang - orang lebih sering mengalami pahit,karena ternak lovebird beresiko menaikan resiko serangan jantung hehe ini serius lho.



pada prosesnya biasanya yang diharapkan oleh peternak pemula adalah banyak anak dan tumbuh sehat
Namun pada kenyataannya biasanya :


  1. lovebird 1 pasang malah berantem bahkan sampai mati
  2. lovebird terkena snot,patek,dan penyakit lain
  3. susah bertelur bahkan setelah berbulan - bulan
  4. akhirnya bertelur tapi telur kosong (zonk)
  5. setelah menunggu sekian abad akhirnya telur isi tapi anak mati dalam cangkang
  6. coba lagi,akhirnya menetas dengan sempurna tapi esoknya di cek lagi anak hilang (sabar ya om itu dibantai induk)
  7. netas 5 hidup 1
  8. anak sudah berusia 1 bulan dalam glodok saat diangkat eh mati (Sakit banget omm)
  9. akhirnya berhasil hingga dewasa.
  10. setelah anak diangkat indukan mati ( serangan jantung )


nah begitulah lika - liku peternak lovebird yang harus kamu pahami dulu, jika sudah siap dengan resikonya sekarang tinggal ke step berikutnya :



Cara sukses ternak Lovebird dengan memilih indukan Lovebird yang siap kawin

    Sebelumnya kita harus tahu jenis lovebird yang akan kita ternak dan jenis love bird yang saya rekomendasikan dan banyak diminati pasar adalah jenis kacamata atau klep

Cara Ternak Lovebird Secara Gampang

Umur dan warna serta panjang ekor sangat mempengaruhi efisiensi ternak lovebird agar cepat menghasilkan anakan.

Burung Lovebird Jantan

      Membedakan jantan dengan betina yang paling efektif dengan pengujian laboratorium,tapi tidak usah khawatir karena love bird jantan selalu berdiri tegak dan ekor ujungnya membentuk agak lancip,bila diraba agak kaku dibanding betina.pilih jantan yang sering mengeluarkan bunyi,dan selalu menarik perhatian.

Burung Lovebird Betina

     Ciri-ciri betina badannya lebih bulat dan berdiri seperti menahan berat badan(tidak setegak pejantan) dan tidak terlalu banyak bertingkah.ekor ujungnnya seperti mengotak atau melebar.pilih betina berdasarkan umur,jika pejantannya berumur 1 tahun maka betina umur 10 bulan,cara ini lebih mudah untuk menjodohkannya.

Persiapan kandang beternak Lovebird


kandang lovebird


     Yang saya rekomendasikan adalah beternak dengan cara koloni, misal 3 jantan dengan 5 betina atau perbandingan sama
Ukuran kandang bisa memilki tinggi 2 meter dengan panjang 2 meter dan lebar 1,5 meter. Aksesoris untuk pakan dan minum hendaknya berada dekat dengan kamar untuk bersarang (seperti kotak kayu yang dilubangi)

Cara mengawinkan Lovebird

        Setelah persiapan kandang selesai, kita masukan indukan jantan terlebih dahulu untuk memilih sarang yang mereka sukai, setelah itu baru masukan indukan betina (cara ini yang paling ampuh) susuhan atau sarang alas dapat kita beli di toko atau dengan daun cemara kering

                                         lovebird kawin 
Pasca bertelur

      Menunggu waktu lovebird jika sudah bertelur membutuhkan waktu 18 hari untuk menetas. ransum pakan yang biasanya cuman milet dan jagung bisa ditambahkan pelet ayam di campur dengan bubur bayi di wadah yang lain.
Mitos saat pengeraman tidak boleh di buka tutup kandangnya itu tdak benar.kenyataannya kita harus sesekali mengecek keadaan indukan yang mengerami.jika indukannya kurang fit,kita bisa menambahkan vitamin dalam ransum pakan dan minumannya,agar proses pengeraman berhasil 100%
namun jika indukan agresif jangan pernah liat anaknya

Penanganan pasca menetas

       Cara ternak lovebird pada tahap pasca menetas memang salah satu tahap yang paling menegangkan. Untuk itu biarkan indukan merawat anaknya hingga anaknya dengan sendirinya keluar dari sarang.sebelum itu dari awal anakan menetas pakan tambahan pelet dan bubur bayi kering harus ada untuk proses lolohan.
Nah akhirnya saat yang ditunggu untuk memanendan hal ini adalah hal yang sangat menyenangkan untuk peternak.
Sekedar info 1 indukan bisa menghasilkan 2-4 ekor anak burung lovebird.

Untuk sementara burung love bird yang kita sapih masih harus ada makanan yang lembut karena usus mereka belum mampu untuk memakan biji-bijian keras secara langsung.
contoh kita bisa berikan jagung muda yang dipasrah dan dicampur pelet. 2 minggu setelahnya baru pengenalan milet dan makanan tambahan lainnya.
Anda juga dapat menggunakan cara dibawah ini
Telur Lovebird menetas
Penanganan saat telur Lovebird menetas biar dilakukan oleh indukan. Anda tunggu saja sampai anakan Lovebird keluar dari sarang. Setelah itu, Anda dapat melolohkan makanan ke Lovebird. Nah, kapan tepatnya Anda boleh meloloh Lovebird atau memisahkan anakan Lovebird dengan indukan?

Anakan Lovebird dapat dipisah dari indukan pada usia 10 hari atau 2 minggu. Kalau sudah pisah, Anda harus memberikan pengawasan ekstra ke anakan Lovebird. Paling tidak, berikan lampu 5 watt sebagai penghangat tubuhnya.

Meloloh anakan Lovebird
Untuk meloloh anakan Lovebird, sebaiknya Anda menggunakan suntikan yang besar agar Lovebird tidak tersedak. Suntikannya pun harus aman. Jarum suntik dilepas dulu, kemudian diganti dengan selang elastis seperti karet pentil.

Lantas, makanannya apa saja? Menu makanan Lovebird bisa berupa makanan bayi yang telah diseduh dengan air hangat dan makanan bergizi lain yang lembut-lembut.

Anda dapat meloloh anakan Lovebird berkisar 4 jam sekali. Lakukan hal ini setiap hari sampai anakan Lovebird bisa makan sendiri. Jika Anda ingin anakan Lovebird cepat jinak dan bisa diajak bermain, maka berikan perhatian ekstra, panggil namanya, serta ajaklah bermain di luar sangkar sambil belajar terbang.

Demikian cara ternak Lovebird untuk pemula yang baru memelihara Lovebird. Mungkin nanti Anda akan merasa kerepotan memelihara Lovebird, tapi lama-kelamaan seiring berjalannya waktu, beternak Lovebird akan menjadi hobi yang menyenangkan. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: