Friday, June 9, 2017

10 Penyebab Telur Lovebird Tidak Menetas

Sering kali Peternak pemula menunggu dan berharap telur lovebird menetas hingga 1 bulan lebih tapi tidak menetas juga. Jika kita beternak lovebird tentunya yang ditunggu-tunggu adalah lovebird kita bisa bertelur dan akhirnya bisa menetas.

Namun harus diketahui bahwa Ada dua faktor yang menyebabkan telur lovebird tidak bisa menetas.


  1. Yakni faktor internal berasal dari burung itu sendiri dan faktor eksternal berasal dari lingkungan sekitar,mari kita bahas dibawah ini,

Lovebird Bertelur Tapi Tidak Menetas


Faktor Internal

1.TELUR INFERTIL
Faktor internal bisa terjadi bahwa lovebird sepasang kita ternyata betina semua. Banyak peternak yang mengeluh di berbagai forum pecinta Lovebird Mania mengenai sudah bertelur tiga kali periode ternyata tidak pernah ada yang menetas. Kalau sampai dua atau tiga kali masa bertelur kita perlu selidiki nih. Kita bisa mengarah bahwa lovebird kita sepasang ternyata BETINA SEMUA. Ciri-ciri lovebird sepasang betina semua adalah telurnya tidak bisa menetas karena TELURNYA INFERTIL. Apa artinya infertil? Telur yang infertil adalah telur yang tidak dibuahi oleh sperma burung jantan sehingga tidak menghasilkan embrio.

Sepasang lovebird yang betina semua bisa kedua-duanya bertelur. Atau salah satunya yang bertelur, namun telurnya bisa di atas enam butir, tujuh butir, bahkan sampai delapan butir.

2.KURANG HOKI,ini fakta lho , Faktor internal yang kedua adalah telur lovebird memang fertil atau dibuahi oleh sel sperma dari burung lovebird jantan. Masalah tidak sampai menetas adalah ketika induk lovebird sedang mengerami, indukan tidak secara konsisten mengerami.

Bisa saja indukan sering keluar dari glodok untuk mencari makan atau bisa juga diganggu lovebird jantannya yang sedang birahi lagi. Biasanya untuk mengatasi hal seperti ini indukan yang sedang mengerami bisa dipisah antara jantan dan betinanya. Tapi penempatan indukan jantan diletakan dikandang lain yang letaknya berdekatan. Setelah telur sudah menetas, bisa dicampur kembali dalam satu kandang.


3, Suhu sekitar kandang terlalu panas
Saat ini saya tinggal di daerah Kota Tegal yang terbilang cukup panas. Banyak para breeder yang kadang mengeluhkan telur lovebirdnya sering gagal menetas. Ternyata ada unsur pengaruh cuaca yang terlalu panas. jika terasa sangat panas coba untuk menaruh baskom kecil berisi air di dekat kandang hal ini adalah untuk menjaga kondisi suhu agar stabil.

2. Lingkungan terlalu berisik dan ramai



Lingkungan yang ramai dan berisik membuat lovebird menjadi stres atau tidak nyaman. Hal ini bisa mengakibatkan indukan tidak bisa secara konsisten mengerami telur lovebird. Kandang lovebird sebaiknya ditempatkan yang tidak sering dilalui oleh orang di rumah. Mungkin bisa diletakan di belakang rumah atau diletakan di samping rumah yang jarang dilalui oleh anggota keluarga.

3. Sirkulasi yang kurang baik
Sirkulasi yang kurang baik pada sekitar kandang lovebird membuat kandang menjadi pengap. Suasana yang pengap ini bisa menimbulkan penyakit pada lovebird. Kandang lovebir yang baik itu sirkulasi udaranya lancar sehingga pertukaran udara yang bersih dan udara yang kotor bisa terjadi dengan lancar. Suasana yang pengap ini bisa saja membuat indukan lovebird menjadi sedikit terganggu dan tidak konsisten dalam mengerami telurnya.

Penyebab lain telur burung infertil atau tidak subur




  1. Induk burung mengalami masalah nutrisi
  2. Induk burung mengalami masalah fisik
  3. Induk burung mengalami masalah sosial
  4. Induk burung mengalami masalah lingkungan
  5. Masalah genetik dari induk burung
Kondisi kesehatan LoveBird  yang menurun.

Bisa jadi sperma jantan tidak sampai pada ovarium betina Love Bird pada saat dikawini jantanya dikarenakan kondisi fisik jantan sedang kurang fit ataupun sebaliknya. Biasanya kondisi burung yang sedang mabung pun sedikit banyak mempengaruhi pada persentase keberhasilan telur menetas. Maka dari itu jangan paksakan burung Love Bird yang sedang mabung atau sedang kurang fit untuk di tangkarkan, sebaiknya dirawat dahulu sampai kondisi fisik & mentalnya prima.
Gangguan Hewan 

Ganguan dari luar misalnya suara yang terlalu berisik atau bisa juga gangguan predator juga hewan penganggu seperti cicak, , tikus, kucing dan lain-lain.

Indukan yang belum dewasa

Indukan Love Bird belum sepenuhnya matang atau mencapai umur ideal untuk indukan.
Umur Ideal Love Bird di tangkarkan sebaiknya setelah berusia 10-12 bulan, akan tetapi sering pula di dapati usia Love Bird 7-8 bulan yang telah siap dan berhasil di tangkarkan, semua itu tergantung pula pada bibit-bebet-bobot burung Love Bird dan karakter burung masing-masing.

Bentuk Glodok  

Lovebird yang tidak sesuai atau kurang ideal.
Misalnya terlalu sempit, bahan glodok yang mudah rapuh, dan lain-lain.
Untuk standar glodok sendiri disarankan menggunakan bahan Glodok yang terbuat dari kayu Jati atau kayu keras dan kokoh sejenis, agar Glodok aman dan nyaman dihuni oleh sepasang Indukan Love Bird yang ditangkarkan.
Salah satu atau kedua indukan yang Infertil (mandul)

Mandul juga dialami juga oleh love bird, jika keadaan ini terjadi, maka selamanya love bird tidak akan bisa menetaskan telornya.
Bakteri.

Telur Love Bird yang baru dikeluarkan oleh indukan betina temperatur / suhunya berada diatas suhu lingkungan sekitarnya. Perlahan, suhu telur tersebut akan mendingin sehingga menyamai suhu lingkungan sekitarnya. pada saat proses pendinginan ini terjadi, telur akan berkontraksi. dan menyebabkan telur mengalami tekanan serta pori-pori kulit telur menjadi lebih besar pada beberapa bagian, akibatnya bakteri yang berada disekitar telur tersebut memiliki kesempatan untuk masuk ke membran telur.

jangan lupakan satu hal yaitu berdoa ya sebelum memulai usaha.
smoga informasi dari Redaksikicau.com bermanfaat.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: