Sunday, May 7, 2017

Perawatan Burung Konin Saat Cuaca Ekstrim

Saat ini Cuaca indonesia memang tidak menentu terutama tahun 2017. Suhu yang dingin tapi tiba - tiba  hujan adalah yang harus diantisipasi oleh smua pecinta burung termasuk konin salah satunya. karena konin adalah burung yang kecil dan bertahan hidup di lingkungan yang panas seperti pantai Hal ini juga berpengaruh pada kesehatan konin kita.

Cuaca Buruk Mempengaruhi Imun Burung

layaknya manusia burung pun memiliki imun yang digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh namun bila cuaca yang tidak mementu membuat imun harus bekerja keras dan akhirnya drop. hal ini mudah untuk kita hindari asalkan kita tahu penanganannya

                                                              (redaksikicau.com)


Apalagi sekarang juga musim mabung atau ganti bulu. Banyak konin yangbjatuh berguguran akhir-akhir ini. Baik yang rawatan baru mapupun sudah rawatan lama.


Perlu kita tahu vitamin bisa hilang atau rusak jika kita salah dalam mengolah. Contoh vitamin akan hilang jika di suhu yang panas.

Itulah kenapa sogok ontong kuat meski hanya SKM saja karena dalam SKM sudah mengandung vitamin. Dimana vitaminya terjaga sampai ditangan anda. Dan kebanyakan dari mereka juga menambahkan vitamin tambahan.

Berikan vitamin yang cukup pada konin anda. Setidaknya seminggu 2 kali untuk menjaga vitalitas burung. Agar burung tetap sehat.

Meski pakan komersil yang anda gunakan sudah mengandung vitamin. Tidak ada salahnya kita menambahkan. Karena vitamin mudah rusak jika penangannya salah.

Percayalah, semua yang hidup butuh vitamin termasuk anda. Pakai vitamin burung apa saja dengan merek apapun. Semua sama fungsinya.

Rawatan selama cuaca ekstrim tidak hanya menambahkan vitamin. Kebersihan kandang juga perlu diperhatikan. Juga aksesoris seperti cepuk, kerodong, maupun pangkringan juga harus rajin dibersihkan.

Menambah porsi extra fooding.


Untuk menjaga kondisi burung tetap hangat, tambahkan extra fooding 
Dengan penambahan porsi extra fooding secara tepat, kondisi burung tetap panas sehingga kualitas suaranya tetap terjaga dengan baik, tanpa menimbulkan efek samping yang negatif.

menyiasati waktu penjemuran.


Khusus untuk burung-burung kelas lomba, Anda perlu menyiasati waktu penjemuran dengan munculnya sinar matahari. Meski sebentar, upayakan saat matahari mulai bersinar, burung harus segera dijemur.

Anda bisa juga mengkombinasikan hal ini dengan waktu memandikan. Jadi, saat cuaca mendung di pagi hari, dan sinar mentari belum begitu terasa sebaiknya tunda dulu rencana memandikan burung. Ketika sinar matahari mulai muncul, segera mandikan, angin-anginkan dan segera jemur.

Jangan lupa yang terakhir bila kondisi berangin lebih baik burung di krodong saja


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: