Wednesday, May 24, 2017

Cara merawat Burung Konin 99% Bisa Gacor

Kolibri merupakan jenis burung yang mudah untuk dipelihara asal kita tahu bagaimana cara kita merawatnya. Jenis kolibri ada berbagai macam diantaranya adalah kolibri Ninja, wulung, Sepah Raja, Sriganti, dan Manggar atau Kelapa. Makanan utama burung ini ketika di alam liar adalah nektar dan serangga kecil.



Perawatan kolibri tidak begitu jauh dengan burung-burung kecil lain seperti pleci. Perawatannya sangat mudah yang penting kita menyediakan minuman manis pengganti nektar dan kroto atau ulat kecil sebagai menu harian. Dibawah ini saya akan menjelaskan perawatan harian kolibri dari pagi sampai malam hari.

Jaga Kebersihan Kandang
bersihnya kandang burung kolibri merupakan awal dari burung yang sehat dan kuat sehingga bila ditambah dengan perawatan yang bagus maka burung akan semakin bagus.

Makanan
Pemberian nektar buatan adalah salah satu yang dianjurkan oleh redaksikicau karena selain mirip dengan makanan di alam gizinya pun sangat cukup untuk burung kesanyangan anda.

Pilih Konin yang Sehat dan Lincah Serta masih Hijau
seleksi merupakan hal yang utama agar nantinya konin dapat maksimal gacornya

  1. Salah satu ciri burung bermental bagus adalah lahap mengkonsumsi pakan, terutama kroto. Pemberian kroto bagi kolibri ninja memiliki manfaat sangat besar. Selain menjaga kondisinya, kroto juga mampu mendongkrak stamina dan mentalnya.
  2. Selain kroto, pakan tambahan lain yang bisa diberikan kepada konin adalah nektar (air gula/madu), laba-laba kecil, dan ulat hongkong warna putih.
  3. Banyak koninmana yang memelihara lebih dari seekor burung. Jika ingin mengkondisikan salah satunya agar siap dilombakan, sebaiknya burung tersebut dipisahkan dari burung sejenis, kurang lebih selama satu minggu. Selama masa karantina, burung diperdengarkan audio mp3 untuk memancing emosinya (jangan terlalu sering diputar).
  4. Untuk konin yang sama sekali belum pernah dilombakan, atau mash minim pengalaman, maka mentalnya bisa dilatih dengan mengajaknya jalan-jalan ke arena lomba, lalu digantang di area tersebut. Hal ini untuk melatih burung beradaptasi dengan suasana dan keramaian dari suara kolibri lain yang sedang bertarung.
  5. Untuk mendongkrak mental tarungnya juga bisa dilakukan pengecasan/ditempel dengan burung betina, satu hari sebelum dilombakan.
  6. Biasakan melakukan pengerodongan sangkar, terutama pada siang hingga sore hari. Dengan demikian, konin bisa beristirahat dan tidak terlalu banyak mengeluarkan energi yang tidak diperlukan.  Sore harinya, kerodong bisa dibuka dan burung dibiarkan berkicau secara bebas.
  7. Pemberian kerodong juga dilakukan pada malam hingga pagi harinya.
  8. Pagi harinya, biasakan mengembunkan burung di luar rumah.



Bagaimana perawatannya ?


Jam 05.00 buka kerodong lalu embunkan di teras atau halaman. Pengembunan sangat bermanfaat untuk kestabilan birahi dan mempercepat kolibri bahan menjadi cepat bunyi.

Jam 06.30 turunkan burung ambil tempat nektar dan kroto. Ganti air minum dengan yang baru. Gantang ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Biasanya setelah terkena matahari burung akan mandi ditempat minum. Ingat! Jangan mandi semprot agar kolibri tidak mati.

Jam 09.00 jika burung sudah terbang kesana kemari dan membuka paruh pertanda penjemuran sudah cukup. Ambil burung masukan nektar dan kroto. Ganti air minum yang sudah dipakai buat mandi tadi. Taruh ditempat yang teduh lalu angin-anginkan. Biasanya burung akan langsung bunyi jika sudah diangin-anginkan.

Jam 11.00 masukkan burung kedalam rumah dan dikrodong. Taruh ditempat yang terang dan tenang. Selama burung dikerodong burung bisa di masteri dengan suara burung lain yang anda inginkan.

Jam 15.00 buka kerodong lalu taruh burung diteras.
Jam 17.00 masukan burung ke dalam rumah. Kerodong burung sampai besuk pagi agar burung dapat beristirahat dengan tenang, dan bebas dari gangguan serangga. Pada saat malam hari burung bisa dimasteri lagi sampai ke esokan harinya.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: