Friday, January 13, 2017

Lovebird parblue dan ragam jenisnya

Lovebird kini sangat banyak di gandrungi oleh banyak kalangan dari mulai kalangan bawah, menengah dan kalangan atas yang memelihara pun bervariasi mulai dari tukang becak hingga gubernur namun untuk kalangan elit biasanya memelihara lovebird - lovebird warna seperti lovebird PARBLUE

nama asli lovebird parblue adalah yellow face salah satu jenis mutasi baru yang terus menghasilkan varian baru biasanya parblue berwarna di muka kuning ke putih putihan.banyak orang indo yang menyebut lovebird jenis ini adalah lovebird parblue karna merupakan akronim dari partial blue atau dalam bahasa indonesia adalaj (sebagian biru) mengacu pada warna biru di beberapa bagian badan meski sebenarnya tidak mutlak smuanya begitu.

                                                     (PARBLUE SABLE HEAD)

Lovebird jenis ini merupakan jenis yang pertama kali di kembangkan oleh felix del valle seorang keturunan amerika yang tinggal di frolida AS pada tahun 2001. sejak adri itulah cikal bakal lovebird warna populer hingga seluruh dunia.

di indonesia juga saat ini sudah mulai ramai dengan berbagai jenis lovebird warna dan saat ini mulai banyak masyarakat yang tau tentang lovebird parblue. bahkan harganya jauh lebih mahal. menurut om joely seorang breeder dari surabaya berternak lovebird parblue memberi ruang kepada para breeder untuk teruk berkreasi serta inovasi sehingga bisa menghasilkan banyak sekali varian dan mutasi baru berbabis parblue. menurutnya "kuncinya adalah aktif melakukan permainan olah warna dengan metode kawin silang (crossing) hasilanya juga jauh lebih bagus dari pada meteri awal saat saya mengimpor langsung dari amerika"kata om je
mendengar katanya pun breeder semakin bersemangat lantaran permintaan pasar terhadap parblue terus meningkat kendati memang harganya jauh di atas lovebird eksotik lainnya.
kabarnya lovebird parblue hasil cetakan indonesia sangat di gemari oleh kalangan mancanegara seperti dari singapura dan eropa.

secara umum ada tiga jenis lovebird yang ada di indonesia saat ini ;


1.Ficheri Parblue

Memiliki ciri-ciri
  • Bagian kepala berwarna kuning terang
  • Paruhnya berwarna orange
  • corak tubuh umumnya hijau, biru ataupun warna exsotis lainnya

2.pablue personata ( kepala hitam)


mirip layaknya dakocan namun  bedanya kepala berwarna kunyit dan hitam seperti ini

3.pablue sable head(kepala hitam ngalung)

 fotonya ada di atas

4.parblue standar hijau 



 jenis parblue standar hijau ini aadalah yang umum di indonesia yang pertama kali di temukan di florida sesuai dengan namanya lovebird jenis ini di dominasi warna hijau cerah untuk harganya di pasaran saat ini adalah 3-5 juta namun biasanya deal di harga 3-3,5 jt


                                                                              (fischery)

harganya pun di indonesia sangat bervariasi mulai dari  2 juta hingga 5 juta tergantung selera dan isi kantong hehehe.

dalam perkembangan nya saat ini lovebird dari breeder indonesia mulai banyak kembali mengembangkan berbagai jenis lovebird yang bahkan kemampuannya mulai mengalahkan mancanegara.

sekian yang bisa di sampaikan mimin trimakasih telah membaca dan smoga menambah wawasan dan informasi
penulis = isyania ayuningsih

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: