Friday, December 16, 2016

cara mengobati kolibri yang kurus atau nyilet

Cara Mengatasi Kolibri Kurus Atau Nyilet


nyilet
Kolibri nyilet atau kurus
Kali ini kita akan membahas bagimana cara melakukan pertolongan pertama pada kolibri yang kurus. Hal ini biasa ditemukan ketika kita baru saja ngombyok atau burung kurang terawat dari pemilik sebelumnya. Sebagian besar burung ombyokan karena kurang terjamin perawatannya dan belum di rekondisi sehingga mengalami defisiensi nutrisi atau bahasa mudahnya kurus/nyilet. Kondisi ini di karenakan kurangnya asupan protein dan serat selama dipelihara. Protein dan serat dapat kita berikan lewat extrafooding berupa kroto atau serangga-serangga kecil lainnya. Karena konin yang belum rekondisi sebagian besar belum doyan kroto maka burung akan mengalami kekurangan gizi sehingga kurus secara perlahan.

Apa tandanya burung kurus?
Pertanda burung kurus adalah burung lebih banyak diam, mata sterlihat sayu dan bulu mengambang seperti burung yang kedinginan. Jika kita pegang burung tesebut dan kita raba bagian dada makan akan terlihat tulang dada yang menonjol secara vertikal dari atas kebawah sehingga terlihat seperti mata pisau inilah mengapa dikatakan nyilet. 

Lalu bagaiman cara mengatasinya ?

Jika kita mendapati burung kolibri belum mau makan kroto, maka kita harus memberikan asupan protein pengganti agar burung dapat bertahan hidup.  Bila burung belum ada tanda-tanda kurus maka kita bisa memberikan Susu Kental Manis sebagai pengganti protein. Tapi perlu di ingat selama pemberian susu jangan berikan minuman manis secara bersamaan. Kenapa? Karena sudah pasti susu yang akan kita berikan kurang diminati oleh burung. Selanjutnya kita bisa mengajarkan burung makan kroto.

Jika sudah nyilet, bagaimana?
Nah, jika burung sudah terlanjur kurus atau nyilet kita tidak perlu kkawatir jika kita sudah tahu cara penanganannya. Yang penting kita harus secepatnya memberikan pertolongan. Kita berikan terapi nutrisi penggemuk badan secara simple dan mudah dilakukan. Adapun yang perlu kita siapakan antaralain adalah sebagai berikut :
tanda kolibri nyilet
Tanda-tanda kolibri nyilet

Resep 1
Susu kental manis 1 sendok makan
Bubur bayi 1 sendok makan
Gula pasir 1 sendok makan
Campurkan ketiga bahan tersebut dan encerkan dengan air. Berikan kepada burung yang kurus tadi. Perhatian pemberian jangan terlalu kental karena bisa berakibat burung susah BAB.

Resep 2
Susu segar 1 gelas
Susu kental manis 1 sachet
Endapkan susu segar dari airnya. Ambilah bagian putih yang mengambang di atas. Amsukkan kedalam gelas, dan campurkan dengan susu kental manis. Berikan satu cepuk kecil sisanya simpan dikulkas untuk besok harinya. Terapi ini dilakukan selama satu minggu. Selama ini yang saya lakukan setelah seminggu burung akan kembali gemuk.  Jika burung sudah gemuk kembali, mulailah untuk mengajari makan kroto.

Resep 3
makanan sangat berpengaruh pada burung kolibri,bila berminat coba untuk memberi nekstar dengan vitamin dan kandungan nutrisi yang lengkap ini hanya 35 ribu

                                          kemasan 100ml 35 ribu 081291077809

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: