Friday, October 28, 2016

perawatan lovebird ala golden lady

Lovebird Golden Lady saat ini sedang moncer-moncernya. Gaco andalan milik Aris Excellent (Jogja) ini setiap dilombakan selalu nampil dan selalu membawa pulang trofi juara. Ini terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Tidak heran jika banyak kicaumania yang penasaran ingin mengetahui bagaimana sih perawatan lovebird Golden Lady



Aris Exellent
Aris Excellent (kaos merah) saat mengantar LB Golden Lady nyeri di FreshMix Cup Solo (14/12/2014)


Salah satu prestasi puncaknya adalah saat turun dalam Gebyar Tutup Tahun IKPBS – FreshMix Cup di Solo, 14 Desember 2014. Turun empat kali dari enam sesi yang dibuka panitia, lovebird Golden Lady nyaris menggapai kemenangan hattrick.

Dalam kontes di “kandang macan” bagi para pemain lovebird itu, Golden Lady berhasil dua kali juara 1. Satu sesi lagi di urutan kelima, karena birahi Golden Lady  melonjak akibat melihat lawannya yang berkelamin jantan.

Golden Lady juga berhasul menjadi juara 1 dalam Lomba PBI Lokal Terkendali (Trah AB-E Cup) Jogja, 21 Desember 2014. Selanjutnya, burung ini kembali diturunkan di Solo, yaitu dalam even Black Jazz Community Cup garapan PJSI di GOR Manahan, 25 Desember 2014. Turun 4 kali, Golden Lady masih tampil stabil dan meraih juara 2, 3, 3, dan 4.

“Prestasi Golden Lady di FreshMix Cup membuat saya senang sekali. Teman-teman yang memberi dukungan pun senang bukan kepalang. Bisa menang di Solo, bahkan sampai dua kali, jelas prestasi yang membanganggakan. Melebihi kemenangan di tempat lain,” kata Aris Excellent, yang merupakan salah seorang punggawa Kawula Alit Jogja.

Bagaimanapun, ujar dia, kalangan lovebird lovers mengakui bahwa Solo merupakan gudang lovebird jawara, bahkan menjadi patokan secara nasional. Jadi, kalau bisa menang dalam even akbar di Solo, ini sudah menjadi pembuktian materi dan penampilan Golden Lady bisa diandalkan untuk turun di even-even besar lainnya.

Gaco andalan Om Aris Excellent tak hanya Golden Lady saja. Dia juga memiliki beberapa pelapis yang cukup andal, misalnya Xena. Burung ini tampil mengesankan saat mengikuti even Stars War Papburi Klaten, 21 Desember lalu, dengan meraih juara 1 dan 2.


Perawatan lovebird Golden Lady


Aris Exellent dan LB Golden Lady
Om Aris: Perawatan Golden Lady nggak pakai ribet.
Menurut Om Aris, perawaran lovebird Golden Lady secara umum sama seperti lovebird lainnya yang sudah siap lomba seperti Xena. Bos pusat jajanan pasar di Jalan Magelang Jogja ini mengaku tak mau terlalu bertele-tele, tetapi sedapat mungkin bisa menyelami karakter dan kemauan burung.

Pagi hari, burung dimandikan dengan cara semprot sampai basah, kemudian dijemur cukup sekitar 1 jam saja.  Selanjutnya dianginkan untuk menyesuaikan diri dengan suhu ruangan, lantas dikerodong.
Kalau tidak ada agenda latihan, maka burung tetap dalam kondisi dikerodong, dan baru dibuka sore hari pukul 15.00. Setelah dianginkan selama 2 jam, selanjutnya dikerodong lagi.

Nah, saat dianginkan pada sore hari inilah, Golden Lady disandingkan dengan lovebird-lovebird lain yang masih anakan. Tujuannya supaya saat ngekek panjang juga bisa menjadi guru atau master bagi adik-adiknya yang masih belia, atau masih dalam tahap belajar bunyi.

Pakan harian berupa milet putih, dipadu dengan sayuran. “Inti perawatannya ya hanya itu. Tentunya tidak harus kaku seperti itu. Selalu dipantau kondisinya,” jelasnya.

Menjelang lomba, tepatnya Jumat, Golden Lady diberi menu tambahan berupa jagung muda sebagai sumber energi menjelang berlaga. Apabila birahi dirasa kurang, Om Aris biasa menambahkan kwaci (biji bunga matahari). Hari Sabtu, kalau birahi berlebih, dia memberikan kangkung. (Waca)

Aris Excellent dan LB Golden Lady
Om Aris bersama Goldan Lady dan sejumlah trofi kemenangannya.
Semoga bermanfaat.
kutipan : omkicau.com
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: