Friday, August 12, 2016

penyebab gagal ternak lovebird, banyak sekali para bradeer muda yang sering bertanya hal yang seperti ini,ini bukanlah yang aneh karna hampir semua peternak unggulan pun sering mengalami ini namun bedanya dengan pemula,mereka tau masalah,solusi dan kuncinya.




lalu bagamaina om burungkicauanunik.com tolong lah solusinya ?
jawabannya sangat mudah namun mempraktekannya yang susah hehe.


video



baiklah kita mulai dari awal dulu,lovebird atau burung type apapun apalagi hewan paling tidak suka dengan adanya gangguan atau bentuk ketidak nyamanan saat mengeram telur, jangankan hewan manusia pun tidak suka jika tinggal di tempat yang tidak nyaman bukan ?

Masalah
jujur saja masalah ini adalah pengalaman pribadi saya tadi siang yang smoga saja bisa membantu anda para penghobi kicau,masalah masalah yang sering muncul adalah biasanya

  • kondisi lingkungan yang berisik/gaduh
  • kondisi suhu yang terlalu panas atau dingin
  • sering ada sesuatu yang mengagetkan
  • ancaman dari luar kandang
baiklah kita akan bahas satu-satu ya

Kondisi Lingkungan Yang Berisik/gaduh
hal ini biasanya selalu terjadi jika anda memiliki rumah di dekat pabrik,jalan raya,jalan protokol,bengkel mobil dan motor,serta dekat dengan perlintasan kereta api.
kondisi yang tidak kondusif ini menyebabkan lovebird menjadi khawatir akan perkembangan telurnya kelak sehingga menimbulkan stress yang berakibat telur menjadi infertil atau tidak jadi netas.

Solusi
solusi terbaik yang saya tahu sampai saat ini adalah dari pengalaman saya sendiri ketika lovebird saya mulai diternak namun sayang karna tempat saya tinggal di pabrik tahu sehingga suara mesin dapat terdengar sampai ke langit ke tujuh nan jauh disana  menyebabkan lovebird saya mengalami kesulitan untuk menetas.
namun saya mencoba berfikir bagaimana cara membuat burung ini tidak khawatir dengan suara bising akhirnya saya menemukan caranya yang terbaik dengan memberikan lovebird banyak sayurana segar setiap hari dan sering mengajaknya ngobrol, saya yakin lovebird tidak mengerti apa yang kita bicarakan tapi hewan apapun itu dapat merasakan perasaaan manusia lewat suara nya .

Kondisi suhu yang terlalu panas atau dingin
Hal ini menjadi pr bagi peternak terutama ketika adanya suhu ekstrem yang menyerang cara terbaik melewati hal itu adalah dengan mempersiapkan dengan baik dimana kita akan membuat kandang  dan dimana kita akan meletakan kandang.
  • usahakan buat kandang yang pintunya menghadap ke sinar matahari langsung agar nantinya kita tidak perlu repot-repot menjemurnya.
  • usahakan sirkulasi udara cukup 
  • jangan membuat kandang di dapur
  • ketika tiba musim panas selalu semprot ruangan atau kandang agar kondisi tidak terlalu panas.
Sering ada sesuatu yang mengagetkan
hal ini sering menjadikan saya sendiri sering telan ludah,banyak sekali anak kecil yang bermain di sekitar kandang aviary saya sehingga lovebird banyak yang kaget atau ketika musim petasan. cara satu satunya adalah bersabar hehe.

ancaman dari luar kandang
ini yang saya rasakan tadi pagi ketika anakan lovebird yang berusia 2 minggu habis dihajar oleh tikus bangsat hehe, maaf kasar. namun jangan salahkan tikusnya ya mungkin ini adalah sebuah pelajaran agar saya lebih hati hati lagi. jangan pernah biarkan kejahatan masuk walau sedikit celah layaknya tikus yang masuk ke lobang. bagi anda yang mengalami hal yang sama cobalah untuk membeli alat pengusir nyamuk elektronik atau dengan menaburkan mengkudu di sekitar kandang.


sekian,bila anda merasa bermanfaat mohon di share ya ke media sosial atau beritahu teman trimakasih
Previous Post
Next Post

post written by:

2 comments:

  1. "Nunut" cari informasi, mudah2an lebih manfa'at tuk belajar ternak burung, terima kasih...

    ReplyDelete