Friday, July 29, 2016

Melatih Serindit supaya mau makan milet

Melatih Serindit supaya mau makan milet, bisa dengan cara melumuri buah dengan milet. dibeberaa tempat serindit dianggap sebagai burug sakral untuk pemujaan namun disini kita tidak akan membahas tentang kemistisannya

Serindit adalah termasuk salah satu burung yang paling mudah dalam memeliharanya, selain mudah mencari pakannya burung serindit juga tidak susah makan seperti burung hasil tangkapan hutan yang baru ditangkap (grabakan).
Burung serindit sangat cocok dipelihara oleh pemula yang baru memelihara burung, dan kebetulan burung serindit adalah salah satu jenis burung yang sering penulis pelihara. Pertama kali peliharaan serindit, penulis memulainya di tahun 1996 yang harganya masih sangat murah, yaitu sekitar Rp.3000 per ekor. Adapun untuk harga sekarang sudah agak mahal, untuk harga ombyokannya berkisar di antara Rp.100.000-150.000 (untuk Srindit paruh hitam sumatra/Kalimantan), dan Rp.65.000-100.000 (Untuk serindit Jawa).

   
       









Burung serindit merupakan burung yang cantik, memiliki warna hijau yang cantik ditambah kicauannya yang unik dan berdencing lantang membuat burung ini disukai oleh kalangan masyarakat awam. Bahkan akhir-akhir ini banyak kicau mania yang memeliharanya sebagai burung untuk memancing jenis burung ocehan lainnya supaya mau berkicau, bahkan cocok juga dijadikan burung masteran untuk jenis burung Murai batu, Cucak ijo, Kacer, Lovebird dll.
Walaupun serindit pemeliharaannya sangat gampang, namun jangan salah meskipun burung serindit mudah di rawat bukan berarti tidak perlu kita rawat, dan kita juga jangan memandang dengan sebelah mata burung ini, sebab untuk serindit yang sudah jadi harganya bisa mencapai puluhan juta.


Tips memilih bakalan serindit ombyokan :
  • Untuk memilih serindit ombyokan, penulis sarankan janganlah terperdaya dengan penampilan bulu yang rapi dan bagus. Akan tetapi carilah serindit yang rajin bunyi walaupun bulunya kusam, botak, ekornya tridak ada. Kalau burungnya rajin bunyi, pilihlah burung tersebut.
  • Waktu yang tepat untuk memilih serindit yang prospek adalah sekitar pukul 12:30 dan pukul 15:00-17:00, karena di saat itulah serindit akan merasa lapar dan sering bunyi.
  • Pancing dengan menggunakan MP3 dari HP, apa bila ada yang berani nyahut. Pilihlah burung tersebut.
Perawatan harian serindit
  • Setiap pagi, burung dikeluarkan untuk diembunkan.
  • Pukul 06.30–07,00, burung dimandikan dan ke dalam air mandinya kita campurkan shampoo merk JATI JAJAR yang mengandung Aloe vera dan sudah terbukti bisa menyuburkan dan menghaluskan bulu burung, selain itu JATI JAJAR juga mengandung Desinfektan yang mampu membunuh kutu dan kuman.
  • Selanjutnya lakukan penjemuran, dengan durasi secukupnya saja. Karena serindit ini termasuk burung yang kurang menyukai sinar matahari yang terik / terlalu panas.
  • Berikan pakan bijian berupa milet putih atau pakan merk Ebod Lovebird.
  • Berikan buah-buahan seperti pisang, pepaya, atau apel seminggu tiga kali.
  • Berikan air gula, madu, atau nektar (dari tepung nektar atau nektar cair yang banyak dijual untuk konsumsi burung kolibri), tiga-empat kali seminggu.
  • Siang hingga sore hari, serindit digantung di tempat teduh sambil dilakukan pemasteran. Selama di master, serindit tidak perlu dikerodong seperti burung lain pada umumnya.
  • Sore harinya, kalau cuaca cerah serindit bisa dimandikan lagi dan dijemur, lalu dibiarkan beristirahat.
Jika serindit yang kita rawat mulai rajin berkicau dengan tambahan suara masterannya, apa lagi burung sudah jinak atau jinak-lalat, kita bisa menguji mentalnya dengan membawanya ke arena lomba atau di gantang dengan serindit lainnya.


Makanan Burung Serindit Agar Cepat Gacor
Seperti sudah dibahas sebelumnya, umumnya burung serindit ini memakan buah-buahan dan nektar, akan tetapi dalam rawatan manusia diberi pakan nasi pun serindit akan mau memakannya. Bahkan kalau dilatih, serindit mau juga makan milet. Jika serindit anda belum mau makan milet, maka alangkah baiknya anda mencoba memberi pisang ataupun pepaya yang dibalut milet atau mencampur milet dengan madu ini sangat baik dalam mengajar serindit memakan milet.
Lama kelamaan serindit akan terbiasa, tapi untuk serindit yang baru dibeli dari ombyokan sebaiknya diberikan buah-buahan saja terlebih dahulu, setelah dipelihara beberapa minggu barulah coba beri buah-buahan yang dicampur milet atau milet yang dibalut dengan madu.
Untuk miletnya sendiri, penulis lebih memilih pakan Ebod Lovebird yang terbuat dari bijian impor berkualitas super. Selain itu pakan Ebod Lovebird juga sudah dilengkapi vitamin dan juga ada campuran bijian lainnya, selain itu ada juga campuran buah dan sayuran yang sudah dikeringkan serta serbuk buah pala yang bisa menghangatkan tubuh burung dan serbuk kembang lawang yang bisa membuat lancar pernafasan burung dan akan terasa semriwing oleh burung, sehingga bisa membuat burung rajin bunyi.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: