Friday, July 22, 2016

Burung Serindit Burung Lovebirdnya Indonesia

Serindit adalah termasuk salah satu burung yang paling mudah dalam memeliharanya, burung ini adalah lovebird nya asli indonesia mengapa begitu ? selain mudah mencari pakannya burung serindit juga tidak susah makan seperti burung hasil tangkapan hutan yang baru ditangkap (grabakan).
Burung serindit sangat cocok dipelihara oleh pemula yang baru memelihara burung, dan kebetulan burung serindit adalah salah satu jenis burung yang sering penulis pelihara. Pertama kali peliharaan serindit, penulis memulainya di tahun 1996 yang harganya masih sangat murah, yaitu sekitar Rp.3000 per ekor. Adapun untuk harga sekarang sudah agak mahal, untuk harga ombyokannya berkisar di antara Rp.100.000-150.000 (untuk Srindit paruh hitam sumatra/Kalimantan), dan Rp.65.000-100.000 (Untuk serindit Jawa).




Burung serindit merupakan burung yang cantik, memiliki warna hijau yang cantik ditambah kicauannya yang unik dan berdencing lantang membuat burung ini disukai oleh kalangan masyarakat awam. Bahkan akhir-akhir ini banyak kicau mania yang memeliharanya sebagai burung untuk memancing jenis burung ocehan lainnya supaya mau berkicau, bahkan cocok juga dijadikan burung masteran untuk jenis burung Murai batu, Cucak ijo, Kacer, Lovebird dll.
Walaupun serindit pemeliharaannya sangat gampang, namun jangan salah meskipun burung serindit mudah di rawat bukan berarti tidak perlu kita rawat, dan kita juga jangan memandang dengan sebelah mata burung ini, sebab untuk serindit yang sudah jadi harganya bisa mencapai puluhan juta.



Untuk saat ini khususnya di Pulau Jawa, burung Serindit memang belum banyak digemari. Di wilayah priangan seperti Garut, burung ini di kenal dengan sebutan Cerenet. Sebagian orang atau pedagang menyebutnya Lovebird Jawa.
Serindit sendiri adalah burung yang masuk dalam jenis burung paruh-bengkok Loriculus. Burung-burung ini berukuran kecil dan tersebar di hutan tropis di Asia Tenggara, burung serindit umumnya memiliki bulu berwarna hijau dengan ekor yang pendek.


Burung serindit sendiri mempunyai beberapa spesies, diantaranya :

  • Loriculus vernalis
  • Loriculus berylinus
  • Loriculus philippensis
  • Loriculus galgulus (Serindit Melayu)
  • Loriculus stigmatus (Serindit Sulawesi)
  • Loriculus amabilis (Serindit Maluku)
  • Loriculus catamene (Serindit Sangihe)
  • Loriculus aurantiifrons (Serindit Papua)
  • Loriculus exilis (Serindit paruh merah)
  • Loriculus pusillus (Serindit Jawa)
  • Loriculus flosculus (Serindit Flores)
  • Loriculus sclateri
  • Loricus tener
Di alam liar, serindit sebenarnya burung pemakan buah dan nektar. Karena itu, dalam perawatan hariannya, buah-buahan dan nektar perlu diberikan. Akan tetapi kita tidak harus memberikan nektar yang sebenarnya, tetapi Anda bisa juga memberinya nektar buatan yang sudah banyak di jual dipasaran untuk makanan burung kolibri. Selain itu kita bisa juga menggunakan madu atau air gula sebagai pengganti nektar.

Makanan Burung Serindit Agar Cepat Gacor
Seperti sudah dibahas sebelumnya, umumnya burung serindit ini memakan buah-buahan dan nektar, akan tetapi dalam rawatan manusia diberi pakan nasi pun serindit akan mau memakannya. Bahkan kalau dilatih, serindit mau juga makan milet. Jika serindit anda belum mau makan milet, maka alangkah baiknya anda mencoba memberi pisang ataupun pepaya yang dibalut milet atau mencampur milet dengan madu ini sangat baik dalam mengajar serindit memakan milet.
Lama kelamaan serindit akan terbiasa, tapi untuk serindit yang baru dibeli dari ombyokan sebaiknya diberikan buah-buahan saja terlebih dahulu, setelah dipelihara beberapa minggu barulah coba beri buah-buahan yang dicampur milet atau milet yang dibalut dengan madu.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: