Friday, May 6, 2016

manfaat cabai merah untuk burung

KOK CABE SI ?

NIH PENJELASANNYA 

Rasa pedas pada cabai disebabkan adanya senyawa kimia yang disebut capsaicin (dibaca: kapsaisin). Selain itu terkandung pula berbagai senyawa yang mirip kapsaisin, yang disebut kapsaisinoid (capsaicinoids).
Nah, ketika manusia atau mamalia tertentu mengkonsumsi cabai, senyawa-senyawa kapsaisinoid akan berikatan dengan reseptor nyeri yang terdapat pada mulut dan tenggorokan, sehingga memberikan efek rasa pedas.

TAPI BUAT BURUNG ? APA MEREK BISA MERASA PEDAS ?

waktu orang lain akan menghindari mengkonsumsi cabai atau makanan yang mengandung cabai meski sedikit, burung justru sangat menikmati makanan tersebut. Hal ini dikarenakan sebagian besar sel reseptor pada burung sangat sensitif terhadap kapsaisin, sehingga senyawa tersebut dengan mudahnya dikonsumsi burung tanpa merasakan pedas / panas. Karena itu, sebanyak apapun burung mengkonsumsi cabai, mereka tidak akan merasakan rasa pedas.

TERUS CABE APA YANG BISA KITA KASIH KE BURUNG ? 

                                                   Capsicum annuum
ya hanya cabe merah saja ya :)

Selain memiliki kandungan vitamin C dan karoten, cabai juga mengandung banyak senyawa kimia yang bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit dan memiliki sifat anti-bakteri, anti-karsinogenik, analgesik dan anti-diabetes. Selain itu, cabai juga bisa dimanfaatkan sebagai terapi bagi burung yang mengalami kegemukan atau obesitas.
Cabai juga mengandung berbagai jenis mineral seperti kalium (K), mangan (Mn), zat besi (Fe), dan magnesium (Mg) yang semuanya dibutuhkan burung peliharaan.
Karena memiliki kandungan karoten yang tinggi itulah, cabai merah sering diberikan sebagai pakan tambahan bagi burung yang memiliki warna merah seperti kenari merah atau kenari red faktor


BAGAIMANA CARA PEMBERIAN NYA ?

  • cukup mudah tinggal siapkan cabai merah lalu dibuang bijinya dan ditaruh layaknya pisang
  • beli serbuk cabai dan campur di kroto/pakannya (tidak disarankan untuk setiap hari)

 
Cabai merah juga sering diberikan kepada beberapa jenis burung kicauan sebagai pakan alternatif.  Banyak yang meyakini pemberian cabai merah beberapa kali seminggu bisa memberi pengaruh yang baik bagi burung kicauan, terutama membuat burung mereka menjadi lebih aktif dan rajin berkicau.
Itulah sebabnya mengapa sejak dulu cabai merah dikenal sebagai pakan alternatif yang murah-meriah bagi burung kicauan, tetapi memiliki manfaat yang banyak.
Meski begitu, kita tidak bisa menjadikan cabai merah sebagai pakan utama atau harus tersedia setiap hari.  Bagaimanapun, burung sudah terpenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisinya melalui pakan harian (voer) dan pakan tambahan / extra fooding (EF). Jadi, kasih aja cabe buat selingan atau variasi.



 
Previous Post
Next Post

post written by: