Wednesday, May 18, 2016



Halo kicau mania kali I ni ita akan membahas tentang burung cucak kombo,membeedakan jenis kelamin jantan dan betina burung cuck kombo,cara perawatannya dan download suara burung cucak kombo




cucak kombo (Lichmera lombokia) merupakan keluarga burung isap-madu atau honeyeater. Semua burung isap-madu termasuk dalam daftar burung dilindungi di Indonesia, karena peranannya yang sangat penting dalam keseimbangan ekosisistem. Melalui jasa burung inilah, terjadi penyerbukan alami sejumlah tanaman perkebunan dan kehutanan.
Burung cucak kombo merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki label dilindungi. Jumlahnya yang tidak sedikit di habitatnya dan hubungan simbiosis mutualisme yang baik dengan beberapa tumbuhan adalah alasan kenapa kita harus melindungi pelestariannya. Dikatakan simbiosis mutualisme karena burung cucak kombo juga salah satu jenis burung pemakan nektar bunga. Dengan begitu cucak kombo akan membantu penyerbukan bunga yang secara tidak langsung perkembangbiakan tumbuhan di hutan akan terjadi secara alami.
Salah satu karakteristik cucak kombo dapat kalian lihat bentuk paruhnya yang sekilas mirip dengan burung kolibri atau sejenis burung penghisap madu. Panjang tubuhnya adalah sekitar 12 – 16 cm. Persebaran cucak kombo banyak ditemukan di pulau Bali dan kepulauan Nusa Tenggara. Sedangkan habitat asli burung ini adalah di sekitar hutan rindang yang terdapat banyak air seperti hutan bakau yang terdapat banyak macam makanan utamanya seperti nektar dan serangga kecil. Burung ini selalu terbang mengelilingi pohon – pohon untuk mencari makanannya dengan sedikit memperlihatkan keindahan cara terbangnya. Selain itu, pada musim kawin cucak kombo akan bersembunyi disemak-semak belukar dan bernyanyi riang diujung pucuk sebuah pohon untuk menarik perhatian pasangannya.

PERSEBARAN
Lichmera lombokia merupakan burung isap-madu yang hanya bisa dijumpai di Pulau Lombok dan Sumbawa (NTB) serta Flores (NTT).




Memilih bakalan yang baik

1. Burung Jantan.
2. Bakalan yang baik harus berbadan tegap sehat dan lincah.
3. Sayapnya rapi, simetris, tidak turun.
4. Pilih burung berkepala besar.Burung berkepala besar diyakini sebagai burung pintar dan suara lantang.
5. Perhatikan juga bentuk dan ukuran paruh, cari yang pangkal paruh besar lubang hidung besar dan tembus. Ujung paruh lancip simetris dan sedikit melengkung.
6. Leher pilih yang kokoh bukan yang kecil memanjang
7. Matanya jeli, meski kecil bisa dibedakan adalah punya mata jeli menonjol pertanda punya mental adaptasi yang baik.

Kendala saat memilih burung bakalan/ombyokan:
– Karena dijadikan satu sangkar, burung biasanya dalam keadaan stress dan tidak tenang
– Cucak Kombo jika dijadikan satu sangkar akan saling serang dan mematuk
– Burung yang lama bersama dalam sangkar akan menyebabkan bulu lengket, karena mandi/terkena air gula
Kumpulan Cucak Kombo dalam satu sangkar ombyokan kurang terawat pakannya, biasanya kurus-kurus

Saat memilih ombyokan yang harus diperhatian adalah burung harus gemuk dan tulang dada tidak menonjol/nyilet. Cucak Kombo meskipun terlihat segar dan lincah tapi belum tentu sehat/gemuk, raba dan sibak bulu bagian dada. Burung yg sehat dan fit akan terlihat gemuk. Burung kurus akan lama penanganannya dan lama untuk bisa gacor.



Perawatan harian Cucak Kombo
Untuk memelihara burung ini haruslah dengan keseriusan yang tinggi karena cucak kombo termasuk burung yang rentan sakit bila salah dalam memberi pakan atau terlambat memberikan pakan. Namun pada dasarnya perawatan burung ini adalah cukup mudah dan hampir sama dengan teknik perawatan cucak ijo lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyediakan makanan kesukaannya dan meletakkanya ditempat yang nyaman.

Sebagai burung penghisap madu, untuk memelihara burung cucak kombo kalian juga harus memperhatikan jenis makanannya tersebut. Sari bunga wajib disiapkan layaknya nectar-nektar yang ada di alam bebas. Atau jika ingin membuat sendiri, kalian bisa kombinasikan campuran gula dengan air dengan takaran 4:1. Atau jika tidak ingin ribet, kalian bisa membeli nectar instan. Kalian juga perlu memberinya pakan ekstra seperti kroto maupun ulat hongkong untuk menjaga staminanya. Jika ingin dilatih untuk memakan voer, kalian bisa memberikannya secara bertahap, sedikit demi sedikit dicampur dengan pemberian kroto dan ulat hongkong.

1.Pagi sekitar pukul 07.00 taruh diluar sambil di bersihin cepuk air gula, cepuk mandi sama krotonya (catatan: jangan paksa kalau Cucak Kombo nya belum bangun, perhatikan dulu kalau sudah loncat kiri kanan baru di keluarkan).
2. Setelah itu masukkan cepuk besar utk mandi. sekaligus berikan kroto 1 sendok teh (cukup sekali saja pemberian kroto). Langsung jemur sambil dengan cucak kombo lainnya, kalau punya Cucak Kombo lebih dari 1, kalau Cucak Kombo gak mau langsung turun mandi cukup semprot halus saja..
3. Jemur sampai pukul 09.30 -10.00
4. Setelah di jemur taruh lagi ditempat yang teduh kira kira 5 menit setelah itu baru masukkan air gula.
5. Jangan dilepas cepuk tempat air mandinya bila perlu ditambah kalau airny sudah berkurang.
6. letakan Cucak Kombo ditempat yg agak sejuk bila perlu dimaster dgn suara burung lain spt ciblek,perenjak, kapasan, sesuai selera…
7. Sore hari sekitar pkl 16.00 atau 16.30 letakan di tempat yg sedikit sinar mataharinya, biarkan dia mandi lagi.
8. Setelah dirasa sudah selesai membersihkan bulunya Cucak Kombo di kerodong dan disimpan biarkan dia istirahat.
Begitu seterusnya ..


DOWNLOD SUARANYA DIBAWAH INI





download




 CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN CUCAK KOMBO
Untuk membedakan jenis kelamin burung cucak kombo jantan dan betina agak sulit untuk dilakukan bila tidak ada pembandingnya, apalagi burung tersebut masih muda butuh pengalaman dan ketelitian untuk menentukannya. Jadi mungkin akan lebih mudah apabila kalian memilih burung ini bila dalam sangkar ombyokan.

Apabila burung cucak kombo dewasa akan lebih mudah dalam membedakannya yaitu dilihat pada bentuk tubuhnya. Postur burung cucak kombo jantan lebih besar, dibalut punggung berwarna hijau kusam. Serta paruh tanpa garis kuning menandakan bila itu adalah burung cucak kombo jantan yang sangar. Sedangkan cucak kombo betina pada bagian paruh dan perut bagian bawah terdapat warna kuning dan disertai punggung yang cenderung berwarna kekuningan.

Beberapa penghobi burung kicau memeliharanya untuk suara burung masteran. Meningkatnya elektabilitas burung cucak kombo berbanding lurus dengan kebutuhan pasar yang lumayan besar. Hal ini membuat peluang bisnis bagi para pehobi burung cucak kombo untuk menangkarnya. Merawat burung ini dengan baik akan membuat burung cucak kombo rajin berkicau atau gacor. Harga burung cucak kombo dipasaran berada pada kisaran diatas Rp 500.000 bila burung telah rajin berkicau. Sementara untuk harga bakalan cucak kombo sekitar Rp 75.000 sampai Rp 100.000.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: