Tuesday, April 12, 2016

Kolibri Sriganti/Sogok Ontong Untuk Burung Macet Bunyi

Burung sriganti atau sogok ontong  (bahasa Latin: Nectarinia jugularis) bersuara tajam dan cocok untuk masteran atau sekedar meramaikan rumah sriganti atau sogok ontong adalah jenis burung dari keluarga nectaridae, dari genus nectaridae. burung sriganti atau sogok ontong ini asli indonesia Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar Benalu, Mengkudu, Pepaya, Dadap, serangga kecil, laba-lab dan memiliki habitat di pekarangan, semak pantai, hutan mangrove.

Sekilas tentang burung kolibri sriganti (sogok ontong)

Suara crecetan yang nyepeed dan juga suara cuit cuit cuit cuitnya itu loh yang bikin mata ngelirik, mencari-cari sumber suara nyaring tersebut. Burung kecil berukuran sekitar 10cm ini memiliki dada kuning terang dengan dada atas sampai leher dan kepala berwarna hitam biru ungu metalik yang elegan. Berparuh lancip dan melengkung menandakan bahwa kolibri sriganti ini termasuk burung madu atau burung pemakan nekhtar (sari bunga).
Ternyata suara has crecetan dari kolibri sriganti (sogok ontong) ini menjadi daya tarik dari si burung kecil bersuara nyaring ini. Tak hanya suara nyerecetnya saja, suara nyepeed lainnya juga sangat diminati untuk dijadikan masteran


                

  ini videonya




  Cara Perawatan

Untuk soal perawatan, burung kolibri sriganti sama halnya dengan burung kolibri lainnya. Untuk mengganti nekhtar sebagai pakan utamanya, kita bisa menggunakan air gula, madu atau juga susu. Serangga yang sering diberikan sebagai EF nya adalah ulah hongkong kecil yang sudah molting dan juga jangkrik kecil. Untuk soal voer, ada yang memeliharanya dikasih voer ada juga yang tidak.
Setiap pagi burung diembunkan sampai terbit matahari. Mandikan bruung dengan cara disemprot menggunakan sprey semprot yang biasa digunakan untuk memandikan burung. Bersihkan sangkar dan ganti pakan dengan yang baru. jangan lupa air putihnya juga sertakan untuk minumnya. Karena air gula adalah pakan, minumnya tetap air putih murni. Setelah itu jemur burung maksimal 2 jam saja, kemudian teduhkan dan beri EF (Extra fooding) ulat hongkong 3 ekor. Untuk burung bakalan, sebaiknya lakukan pemasteran. Namun untuk burung yang sudah gacor, burung bisa menjadi pemaster yang bisa anda nikmati suaranya. Pada sore hari, mandikan kembali burung jika cuacanya mendunkung.

 



Ciri-ciri

Burung-madu sriganti memiliki tubuh berukuran kecil (10 cm), mempunyai paruh lancip dan panjang, berdarah panas, dan membiak dengan cara bertelur.
Jantan: Tubuh bagian bawah kuning terang. Dagu dan dada hitam-ungu metalik. Punggung hijau zaitun.
Betina: Tubuh bagian bawah kuning. Tanpa warna hitam pada dagu dan dada. Alis biasanya kuning muda. Iris coklat tua, paruh hitam, kaki hitam. Sering ribut dalam kelompok kecil, berpindah-pindah dari satu pohon atau semak ke yang lain. Jantan kadang berkejaran mondar mandir dengan galak.

Sarang berbentuk kantung, dari rumput terjalin dengan kapas alang-alang, pada dahan yang rendah. Telur berwarna keputih-putihan, berbintik abu-abu putih, jumlah 2 butir. Berbiak sepanjang tahun.

 perbedaaan jantan dan betina

BACA SEKARANG : UDAH ADA YANG BISA TERNAK KONIN

JANTAN (BAWAH)
 BETINA (BAWAH)

BACA SEKARANG : konin dacok vs dada merah







rawatannya gimana si ? nih liat disini aja klik ini
download suara nya klik dibawah

klik disini


CARA MEMBEDAKAN JANTAN BETINA KONIN ? KLIK INI BEDAI JANTAN DAN BETINA 10 DETIK

trimakasih sudah menjadi donatur dan pembaca setia di blog ini mohon doanya supaya bisa berkembang lebih pesat ya trimaksih :)

Previous Post
Next Post

post written by: