Friday, April 29, 2016

cara merawat Konin Ombyokan

Merawat Konin Ombyokan (Beli yang ijo - trotolan yaaaa)
download suaranya disni

HARI ke - 1 =
(Anggap sampai rumah di atas jam 12.00 siang waktu setempat).
1. Masukkan konin dalam kandang yg sudah disiapkan, jangan lupa untuk menutup pintu kandangnya. Kandang ideal adalah dengan ukuran maksimal lebar/panjang 35cm (MINIMAL 25cm), dengan tinggi kurleb 45cm dari lantai kandang (buka dari lantai/kaki). Bulat atau kotak ataupun persegi adalah selera anda masing2.
2. Isi kandang (selain burung konin yg baru dibeli) adalah =
a. 2 (dua) tangkringan atas, 1 (satu) tangkringan bawah posisi sejajar
b. 1 cepuk berisi air gula (gula merah yg dilarutkan); 1 cepuk kroto yg sudah dibersihkan (kurleb 1 sendok teh trepes); 1 cepuk besar berisi air bersih (buat minum dan mandi)
c. Karpet lantai (bertujuan untuk mengecek kotorannya nantinya)
3. Gantang tempat yg tidak terlalu gaduh, tidak terlalu pengab, tidak terkena tiupan angin secara langsung, aman dari jangkauan anak kecil dan jauh dari jangkauan hewan2 predator. Idealnya adalah tempat yg dapat mendengar suara gemericik air.
4. Kandang tidak perlu dikrodong, gantang di tempat yang terang/ada cahaya lampu namun tidak terasa panas akibat pencahayaan lampunya.
5. Pantaulah selama kurleb 10-15 menit untuk melihat perilakunya, apakah tenang, langsung mau minum air gula nya, minum air beningnya. Satu tanda yg perlu disyukuri adalah apabila terlihat konin kemudian mau menceburkan diri (baca=mandi) pada cepuk yg berisi air bening. Apabila sudah langsung mau mandi, setelah selesai, segeralah ganti air dengan air yg baru. Kalau pun tidak mau mandi, tidak usah cemas, dan JANGAN SEKALI-SEKALI untuk menyemprot badan konin dengan air.
6. Setelah pantauan selama 15 menit, dan anda merasa tenang, silakan anda dapat melanjutkan aktivitas lainnya.
7. Pukul 16.00 waktu setempat, kita tengok lagi kondisi konin tersebut. Ganti air minum/mandi nya, cek kondisi kroto apakah sudah ada yg dimakan atau belum. Kalau terlihat kroto berceceran di lantai/karpet, seharusnya anda bersyukur, karena konin ombyokan anda sudah belajar mengenal kroto atau bahkan sudah ada beberapa yang sempat di makan.
8. Jangan lupa untuk membersihkan karpet, serta memberi kan kroto lagi. Kalau tidak tersedia kroto tidak masalah. Berilah potongan2/parutan putih telor (telor ayam, telor puyuh boleh, asal jangan telur buaya … karena susah mencarinya hehehehe).
9. Setelah selesai acara bersih2 gantang kembali konin anda di tempat semula. Karena menjelang malam, sebaiknya anda yakin bahwa tempat gantang konin tersebut sudah benar2 aman dari jangkauan hewan predator. Saat mulai malam, tetap berikan penerangan (jangan di matikan lampunya).
10. Biarkan konin anda beristirahat dengan nyaman dan tenang. Jangan lupa kalua ada mp3 player putarlah 1 jenis suara masteran yg anda inginkan. Dengan volume yg cukup namun tidak sampai memekakkan telinga. (apalagi telinga tetangga. … bahaya tuh)

HARI ke - 2 =
1. Bangun pagi keterus sholat (buat yg muslim), setelah itu lakukan aktivitas beres2 burung, burung diembunkan, cari gantangan yg tidak terlalu tinggi dahulu (tujuan supaya terbiasa melihat aktivitas kesibukan juragannya).
2. Lakukan penjemuran selama kurleb maksimal 30 menit saja. Atau lihat saat konin sudah terlalu aktif lompat2 sudahi penjemuran walaupun belum 30 menit. Minimal 10 menit lah … jangan kurang.
3. Saat penjemuran air minum/mandi pakai air yg baru (sudah diganti dengan yg baru). Untuk pakan air gula merah sudah diganti dengan yang baru, demikian juga hal nya kroto.
4. Setelah acara jemur selesai, gantang konin di tempat semula. Sambil didengarkan suara2 masteran (live master atau mp3). Untuk live master usahakan tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat. Jarak kurleb 3 meteran.
5. Biarkan konin beraktivitas dengan sendirinya, anda dapat melanjutkan aktivitas wajib anda ….
6. Sore hari (atau saat anda pulang kerja), cek kembali konin anda, kembali ke rutinitas … beres2, bersih2 karpet, ganti air, ganti pakan, ganti kroto.
7. Kalau anda beruntung, anda akan dikejutkan dengan mulai bersuaranya konin anda … kalau sudah mau bunyi selamat … anda beruntung, dapat konin ijo/trotolan yg punya mental bagus. Yang belum mau bunyi tidak usah khawatir … woles sajaaaa bukan berarti mental konin anda kurang bagus.
HARI ke – 3 =
Kurang lebih sama aktivitasnya, hanya saja mulai hari ke-3 ini, konin ombyokan diajari untuk mengenal SKM (Susu Kental Manis).
Caranya adalah = cepuk yg berisi air gula merah sebelum anda memberikan larutan air gula merah, berilah SKM kurleb ½ bagian dari cepuk. Setelah berisi SKM, baru lah diberi/dituang i larutan air gula merah tadi. JANGAN DIADUK. Biarkan larutan air gula merahnya tetap berada di atas SKM.
Catatan = kalau saya pribadi langsung menggunakan Pakan Campursari yg sudah saya buat sebelumnya.
SKM digunakan dalam hal demi segi ke praktis-an semata.
Yang paling utama di amati pada hari ke-3 ini adalah saat sore hari, yaitu pengamatan kotoran pada karpet.
Kalau terlihat sudah ada sisa2 kotoran yg berwujud gumpalan (seperti cacing kecil2, atau seperti noktah2 kecil berwarna putih), anda telah berhasil membuat konin ombyokan anda memakan SKM tersebut.
HARI ke – 4 =
Setelah konin sudah mau makan/minum SKM, mulailah untuk membuat variasi campuran dari SKM. Untuk kesempatan pertama berilah campuran (mix/aduk) dengan madu. Perbandingannya sama ½ bagian cepuk SKM, dan ¼ bagian cepuk adalah MADU.
Pola perawatan lakukan sama seperti hari2 sebelumnya.
Pemberian campuran SKM+Madu ini lakukan untuk 2 hari sekali.
Setelah hari ke -2 (dari mulai pemberian SKM+madu), gantilah dengan yang baru lagi.

HARI ke – 5 sampai dengan HARI ke -7 =
Tidak ada yg terlalu berbeda dengan hari2 sebelumnya.
Lalukan dengan tertib, jaga selalu kebersihan kandang, karpet dan tangkringan.
Pengembunan dan penjemuran tetap dilakukan.
InshaAllah konin anda sudah bernyanyi riang gembira.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
disclaimer . copyright by cahyono as (Konin mania indonesia on facebook)
Previous Post
Next Post

post written by: